Marquee

HATI-HATI TERHADAP OKNUM YG MENGATAS NAMAKAN BKD YG DPT MENGANGKAT CPNS DENGAN IMBALAN SEJUMLAH UANG DG JAMINAN IJAZAH ANDA

8 Tips Sehat di Depan Komputer :

1. Jaga jarak pandang Anda – monitor (50-100cm) dan gunakan meja / kursi nyaman
2. Sebaiknya gunakan LCD monitor dan setting sesuai kenyamanan mata Anda
3. Periksakan mata Anda, pakailah kacamata anti radiasi apabila diperlukan
4. Perhatikan sirkulasi udara dan gunakan cahaya ruangan yang cukup
5. Makan, minum, dan konsumsi tambahan vitamin / mineral secara teratur
6. Tidur 6 – 8jam sehari dan istirahatkan mata Anda sejenak, minimal 5 menit tiap jam
7. Sediakan waktu Anda untuk olahraga secara teratur agar kondisi tetap bugar
8. dan Terpenting adalah; menyediakan waktu untuk ibadah, keluarga dan sahabat

POSTING DI BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Ilustrasi
Namanya M.Syahrul tapi akrab dipanggil Nang. Dia duduk diKelas 2 SDN 02 Ambowetan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.
Jika kita sebagai guru agak jeli maka akan kita dapatkan sesuatu yang menarik dari blogspot sederhana tersebut utamanya berkaitan dengan Pembelajaran Menulis bagi anak SD.
Hal yang menarik antara lain :
1. Orang Tua/ Mungkin Gurunya "menyediakan" media berupa blogspot.

2. "Nang" mengisi/memposting tulisan sekehendak dan sebisanya. Ini terlihat dari tata bahasa dan tata letak atau editing.
3. Perbandingan posting yang satu dengan lainnya.

Tampak disana ada beberapa kemajuan dalam hal menulis karangan/cerita atau apapun istilahnya. Dari menulis "sederhana" seperti posting aku belajar blog , kemudian ada kenalan dong

serta yang lainnya tampak adanya kemajuan dalam mengarang/menulis. Baik dari tata bahasa maupun dari alur cerita.

Selain itu yang pasti lebih menarik adalah bahwa melalui menulis di blog maka secara langsung maupun tidak langsung sang guru / ayahnya mau tidak mau mengajar tentang internet, setidaknya mengenalkan komputer kepada sang anak/murid.

Hal yang lain mungkin bermanfaat bagi para PENULIS / PENELITI untuk lebih dalam lagi melaksanakan kajian secara ilmiah/teoritis tentang blog yang ditulis anak kelas 2 sd ini. dengan kata lain dapat menjadi INSPIRASI bagi para peneliti.

Wooowww.... ternyata.

ALAT PERAGA ANIMASI

Seiring dengan kemajuan teknologi dan derasnya arus informasi yang tidak terbendung lagi, maka kita dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari berbagaimacam sumber belajar serta sarana pembelajaran. Jika tidak niscaya tidak mustahil suatu saat kita dianggap " radio rusak" oleh murid-murid kita. Hal ini juga sejalan dengan karakteristik anak yang lebih suka belajar sambil bermain, belajar sambil bekerja dari pada belajar hanya mendengarkan.

Kreativitas ini dituntut namun juga memperbolehkan kita mencariberbagai sumber bukan hanya menemukan. Oleh karena itulah kami coba memberikan contoh dimana kita dapat menemukan alat peraga inovatif yang berupa animasi.
Slah satu syarat utama penggunaan perga ini cukup sederhana , yaitu guru mampu mengoperasikan komputer, setidaknya demikian,
Adapun situs yang menyediakan layanan ini antara lain :
- www.spectamultimedia.com
- infopendidikanindonesia.blogspot.com
- www.alat-peraga.com
dll
Sebagai contoh bentuk animasi yang cocok untuk sekolah dasar silahkan klik di sini.

BELAJAR AKTF

Belajar Aktif

Buku Bahan Pelatihan tentang Beljar Aktif ini dikeluarkan oleh pusat bukudan perpustakaan kemendiknas. Terdiri dari 3 (tiga Buku)
adpun selengkapnya anda bisa download di sini

WEBSITE SEKOLAH

LAYANAN PEMBUATAN MODEL WEBSITE SEKOLAH


Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan Content Management Sistem (CMS) untuk pembelajaran yang dikenal dengan CMS Website Sekolah. Sistem ini dirancang untuk memberikan layanan manajemen sekolah dan pembelajaran berbasis web dengan metode yang sangat mudah dan memiliki keunggulan dari CMS sejenis. CMS website sekolah ini memiliki fitur yang terintegrasi bagi seluruh pemangku kepentingan (stake holder) untuk mengakses informasi secara menyeluruh baik untuk guru, siswa, alumni, TU, orang tua siswa, dll.

Keunggulan CMS Website Sekolah ini bila dibandingkan dengan website pada umumnya adalah terletak pada sistem yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas atau fitur yang mendukung manajemen sekolah dan pembelajaran berbasis web. Keunggulan lainnya antara lain:

Disediakannya fasilitas pendaftaran baik sebagai siswa, orang tua, guru, maupun alumni.
Fasilitas jejaring sosial untuk memperbarui data profil tiap member dan interaksi antara kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan alumni.
Tersedia interaksi online untuk konsultasi secara real time pada milis.

CMS Model Website Sekolah ini telah diimplementasikan oleh sekolah-sekolah dari tingkat dasar hingga menengah dengan jumlah pemakai lebih dari 200 sekolah di seluruh Indonesia. Bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki website sebagai sarana pembelajaran dapat mendownload CMS Model website sekolah secara gratis dengan Klik Disini.

AWAS : SUSU KENTAL MANIS BUKAN SUSU

( setelah anda baca mohon HARAP DI SHARE KE SIAPA SAJA demi kebaikan kita semua )

Karena alasan kepraktisan dan lebih ekonomis, sebagian besar Ibu lebih memilih menyajikan susu kental manis yang ditambahkan air sebagai minuman susu bagi anak-anaknya. Padahal, itu adalah sebuah persepsi yang salah besar. Susu kental manis bukanlah susu untuk diminum.

“Merupakan persepsi yang salah jika masih saja ada yang memilih susu kental manis yang dicairkan sebagai susu untuk diminum. Susu kental manis bukanlah susu. Sebab susu kental manis diciptakan hanya untuk aplikasi lebih lanjut olahan makanan seperti topping martabak maupun kue-kue,” tutur Prof Dr Ir Made Astawan MS selaku Anggota Dewan Pakar Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) dan Guru Besar Institut Pertanian Bogor yang ditemui pada acara “Teknologi UHT dan Aseptik Membantu Menjaga Nutrisi Alami Susu” dari Hotel Lumire, Jakarta, Kamis (21/4/2011).

Memang lebih ekonomis, katanya, di mana para ibu cukup menyimpannya di kulkas supaya awet. Tapi coba saja perhatikan rasanya, manis bukan?

“Itu karena susu kental manis lebih banyak mengandung gula. Gula tersebut yang menyebabkan kegemukan pada anak. Sehingga saya menghimbau untuk tidak menjadikan susu kental manis yang ditambahkan air sebagai susu,” tutupnya.
Sumber KASKUS

CARA POSTING ARTIKEL

Caa membuat artiel di blog atau cara posting artikel
klik di sini

CARA SETTING BLOG

Jika anda ingin menyetting/mengatur tampilan blog agar lebih menarik , silahkan
klik di sini

PENGUMUMAN TENAGA HONORER = HATI HATI PENIPUAN

Pasca pengumuman Pendataan Tenaga Honorer di salah satu Kabupaten, muncul beberapa peristiwa yang "cukup menggelikan" kalu tidak boleh disebut "lucu" bin "konyol".
Hal ini berawal dari Seleksi Administrasi yang dilaksanakan oleh Instansi A. Hasil verifikasi tersebut di umumkan oleh Instansi B.
Maka berbondong-bondonglah para tenaga honorr tersebut ke Instansi B setempat.
Konon

dari sekian ribu tenaga honorer yang telah memasukkan data administrasi hanya "sekian" yang ditetapkan MEMENUHI SYARAT (MS), sedang yang lain dinyatakan TIDAK MEMENUHI SYARAT ( TMS )
Sebenarnya Kedua Instansi tersebut sudah bekerja sesuai dengan "peraturan" yg telah ditetapkan bahkan telah disosialisasikan jauh-jauh hari sebelumnya. Namun karena jumlah Tenaga Honorer yang dinyatakan TMS jauh lebih banyak dari yang MS maka melalui sebuah FORUM mereka mendatangi kedua instansi tersebut.
Seperti biasa layaknya orang yang "tidak puas" mereka menyatakan ketidak puasannya dengan bermacam-macam cara, ada tuduhan, ada cacian dsb. Namun kedua instansi tersebut tidak bergeming, tetap pada pendiriannya bahwa Hasil Investigasi yang telah dilakukan adalah benar dan sesuai prosedur hukum
Syahdan , para tenaga honorer TMS tersebut berinisiatif mengadukan nasibnya ke "Pusat" . Dengan berbekal dana dari IURAN anggotanya Perwakilan dari "forum" ke Jakarta.
Besaran iuranpun variatif, yang kami tahu berkisar Rp 400.000 per anggota, konon untuk transport dan "INI ITU" yang kurang layak kami sebutkan.
Alhasil, sepulang dari Jakarta beberapa hari kemudian Muncullah Pengumuman yang intinya bahwa Untuk Kategori II yang pada Pengumuman Pertama sejmlah "sekian ratus" berubah menjadi "sekian ribu". Pengumuman tersebut dipasang oleh dan di tenmpat instansi B yang mengumumkan Pertama.
Dengan pengumumnan KEDUA tersebut "reda seketika" kasak kusuk yang tidak punya dasar sama sekali, yang tadinya satu sekolah "plerok-plerokan" sekarang sudah sejuk kembali. Jika Panyebar Semangat tahu, pasti akan menulis Opo Tumon .......?
Namun beberapa hari kemudian muncullah isyu dari mulut ke mulut bahwa di Menpan ada Pengumuman Jumlah Tenaga Honorer yang dikirimkan oleh Daerah-daerah. ( lihat di sini maka muncul lagi "kasak-kusuk" antar sesama tenaga honorer.
Kata Bapak Tebe Kapan negeri ini majunya jika para calon pegawainya seperti ini ?
HATI2 PENIPUAN
Situasi semacam ini dimanfaatkan oleh OKNUM tertentu untuk meraup keuntunga. Salah satu modusnya adalah OKNUM tersebut mendatangi langsung para "korban" dengan menjanjikan akan pengangkatan CPNS. Sudah barang tentu dengan menyebutkan Dana yg dibutuhkan. Dan Lucunya bisa tawar menawar, Oknum tersebut pasang tarif 75 jt namun jika ditawar bisa hanya 40 jt. Membayarnya tidak sekarang namun setelah Pengumuman CPNS itu keluar. Jika anda diterima maka harus membayar sejumlah uang. Sebagai Jaminan Kepastian Anda serius maka sang Oknum minta IJAZAH ASLI pendidikan tertinggi anda sebagai JAMINAN.
Kata tetangga bilang " waaaaaahhhh... ayak ayak wae"
WASPADALAH... WASPADALAH

PENGUMUMAM TENAGA HONORER Th. 2011

Sampai sekarang Minggu, 24 April 2011. Jumlah Instlansi Daerah Yang Telah Mengusulkan Formasi 2011 relatif masih utuh seperti dua minggu terakhir .
Untuk Usulan dari Jawatengah :
IV Jawa Tengah
1 Provinsi Jawa Tengah 3.232
2 Kab. Banjarnegara 5.403
3 Kab. Banyumas
4 Kab. Batang
5 Kab. Blora 2.220
6 Kab. Boyolali 1.056
7 Kab. Brebes 3.200
8 Kab. Cilacap 900
9 Kab. Demak 2.670
10 Kab. Grobogan 5.174
11 Kab. Jepara 1.496
12 Kab. Karanganyar 1.145
13 Kab. Kebumen
14 Kab. Kendal 3.030
15 Kab. Klaten 600
16 Kab. Kudus 2.132
17 Kab. Magelang 525
18 Kab. Pati 1.789
19 Kab. Pekalongan 950
20 Kab. Pemalang 437
21 Kab. Purbalingga 1.444
22 Kab. Purworejo
23 Kab. Rembang 1.301
24 Kab. Semarang 692
25 Kab. Sragen 3.139
26 Kab. Sukoharjo 2.385
27 Kab. Tegal
28 Kab. Temanggung 2.011
29 Kab. Wonogiri 6.782
30 Kab. Wonosobo 1.972
31 Kota Magelang
32 Kota Pekalongan 450
33 Kota Salatiga 584
34 Kota Semarang 4.361
35 Kota Surakarta 802
36 Kota Tegal
Sub Total 61.882
Adapun secara Nasional klik di sini.

KORBAN IKLAN SEKOLAH GRATIS

Tahun pelajaran baru merupakan agenda nasional yang sudah membudaya. Seluruh masyarakat disibukkan dengan urusan yang satu ini. Dari yang baru akan mendaftarkan putra-putrinya di Play Group, PAUD, maupun TK dan mereka yang harus mencari sekolah untuk SD, SMP, SMA/SMK.
Dengan dibantu oleh globalisasi informasi sekarang sebagaian orang tua tidak hanya sekedar MENYEKOLAHKAN anaknya tapi sekarang beralih ke paradigma baru yakni MEMILIH SEKOLAH untuk anak-anaknya. Fenomena ini utamanya di kota-kota besar serta di daerah bahkan pedesaan yang memang sudah memiliki institusi pendidikan dari Play Group, PAUD, TK, SD, SMP sampai ke SMA/SMK.

KORBAN IKLAN DI TV

Dengan sering digembar gemborkannya Program SEKOLAH GRATIS via berbagai media , utamanya Televisi, maka sesungguhnya dalam hati masyarakat "membrontak" sebab kenyataan di lapangan menunjukkan belum adanya SEKOLAH GRATIS terutama jenjang pendidikan di tingkat menengah.
" Yang terjadi sekarang seperti umumnya iklan di TV, bohong belaka." kata sebagian warga desa yang hanya percaya pada TV.
Ada benarnya juga , bahwa khusus di sekolah menengah memang sudah tidak ada lagi istilah WAJIB MEMBAYAR BIAYA SEKOLAH namun kalimat-kalimat yang berkaitan dengan pembayaran sudah dikemas dengan berbagai macam cara.
Sebagai ilustrasi ada beberapa catatan yang dapat kita simak sbb :
1. Pendaftaran memang gratis tapi untuk stop map harus warna ini atau itu, atau ada yang mengharuskan membeli di Koperasi SISWAnya. Atau hanya sekedar biaya administrasi sedikit saja Rp 10.000 dll dll.
2. Karena di SMP/SMA ini hanya mendapat kuota 4 kelas maka sekolah ini hanya menerima sekitar 160 sampai dengan 200 siswa. Padahal hari pertama pendaftaran saja sudah lebih dari 300 orang, belum hari kedua , ketiga dst. Parahnya Panitia masih menerima pendaftaran sampai hari terakhir. Kemudian dibuatlah Jurnal yang mencatat no pendaftar dengan nilai yg dimiliki. Namun parahnya pada kolom nilai hanya tercantum atau ditulis nilai antara, contoh
- Pendaftar dg Jml NEM 91 - 100 = 50 orang
- Pendaftar dg Jml NEM 81 - 90 = 60 orang
- Pendaftar dg Jml NEM 71 - 80 = 270orang
dan seterusnya
Jika kuota di sekolah tersebut hanya 200 maka yang memiliki NEM 70 - 80 BINGUNG, anak saya di terima tidak ya?
Nah. disinilah MENIMBULKAN BERBAGAI SPEKULASI dg kata lain TINGKAT KERAWANANNNA sangat Tingi. Sebab pada pengumumanpun hanya dicantumkan spt Journal.
Silahkan diterjemahkan sendiri.
3. Setelah anak DITERIMA memang tidak ada Biaya PEMBANGUNAN dsb, yang ada antara lain
- wajib membeli pakaian dengan harga yang pasti lebih mahal dari harga umum, termasuk di dalamnya atribut dan pernak-pernik lainnya.
- wajib mengikuti kegiatan ini itu dengan biaya sekian.
- wajib membeli majalah, buku ini itu
- dan berbagai macam wajib yang mau tidak mau harus dipenuhi, jika tidak jangan harap anak anda dapat diterima dengan baik disekolah ini.

Dari gambaran tersebut diatas , pihak orang tua yag berkecukupan, tentu tidak menjadi persoalan apalagi jika sekolah tersebut merupakan sekolah "UNGGULAN" di daerahnya. naum bagi sebagaian masyarakat yang kurang "beruntung" dlam bidang ekonomi, hanya akan bisa berucap " Katanya sekolah gratis ?" Dan jika bertanya pada "tekong" hanya akan dijawab " Noh.. Sekolah di Tipi ma Pak Mentri, ntar gratis dan mssuk Tipi"

UJIAN NASIONAL SMA/SMK

Seluruh kerabat kerja GURU ESDE mengucapkan selamat melaksanakan ujian bagi adik-adik kami di SMA/SMK. Yakinlah bahwa Allah SWT tidak akan memberi beban kepada umatnya melebihi batas kemampuannya. OK .. semoga berhasil dengan baik. Doa kami untuk kalian semua. Amin.

KALENDER PENDIDIKAN

Antara Realita dan Harapan (bag. 2)
Di sini akan kami coba turunkan beberapa even daerah yang mungkin tidak atau belum diperhitungan dalam penyusunan Kalender Pendidikan secara Nasional.
Even tersebut antara lain :

A. Kegiatan Lomba2 Akademik dan sejenisnya yang meliputi :
1. Lomba Popdaseni dari Tingkat Gugus Sekolah, Tingkat Kecamatan , Tingkat
Kabupaten Bahkan tingkat Proivinsi.
2. Lomba Mata Pelajaran dengan tingkatan yg sama spt butir 1.
3. Olympiade MIPA dengan tingkatan yang sama.
4. Lomba Keteladanan, dengan jenjang dan tingkatan yang sama.
5. Lomba Cerdas Cermat / LCC dengan jenjang dan tingkatan yang sama
6. Lomba MAPSI dengan jenjang dan tingkatan yg sama spt di atas.
7. Lomba Kompetensi dengan jenjang dan tingkatan yg sama spt di atas.
8. Lomba dalam Rangka Hardiknas
9. Lomba dalam rangka HUT Kemerdekaan
10. Lomba dalam Rangka Hari Pramuka.
11. dsb dsb dsb

B. Keegiatan Partisipasi :
1. Upacara Hari Besar Nasional yang wajib ( 2 Mei, 14 Agustus, 17 Agustus )
2. Upacara Hari jadi Daerah
3. Kegiatan Hari Keagamaan

Contoh even tersebut mungkin baru sebagian yang dapat didata serta belum diperhitungkan dalam penyusunan kaldiknas utamanya yang berkait dengan JAM EFEKTIF.

KALENDER PENDIDIKAN

guru esde

Kajian Teori ( bag.1)_
alender Pendidikan Tahun Pelajaran 2010/2011 disusun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, Dan Fungsi Kementerian Negara Serta Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsí Eselon I Kementerian Negara, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar

Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah serta Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 125/U/2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar Efektif di Sekolah. Selanjutnya kami menjabarkan Peraturan/ Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tersebut ke dalam Keputusan nomor 481/20110 /2010 dengan tujuan :

1. Memberikan pedoman kepada para Kepala Satuan Pendidikan negeri dan swasta dalam mengatur kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan selama tahun pelajaran 2010/2011;

2. Mewujudkan keserasian langkah seluruh satuan pendidikan baik negeri maupun swasta se Jawa Tengah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan.

Realita di Lapangan
Implementasi dari Kalender Pendidikan sepenuhnya ditentukan oleh Sekolah, namun sekolah dalam melaksanakanpun wajib mengikuti ketentuan dari institusi di atasnya. Khusus Kalender Pendidikan Sekolah Dasar boleh dikatakan menganut azaz fleksibilitas dan sangat kondisional.

Fleksibilitas dimaksudkan bahwa pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan oleh SD pada awal tahun pelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan realita kegiatan pada kurun waktu berjalan. Dengan kata lain, meskipun hari dan tanggal tersebut telah terdaftar sebagai hari efektif kegiatan belajar mengajar namun karena adanya even tertentu utamanya di daerah, terlebih jika terkait dengan kegiatan atasan maupun atasan langsung maka bisa saja kbm tidak dilaksanakan. Contoh :
- di suatu daerah melaksanakan Try Out untuk Kelas VI untuk Tingkat Kabupaten, maka KBM untuk Kelas di bawahnya semauanya tidak dapat dilaksanakan.
- Ada juga Try Out untuk Kelas VI Tingkat Kecamatan juga dilaksanakan sama seperti Tingkat Kabupaten bahkan semua penyelenggaraan biasanya dikaitkan dengan LATIHAN PENYELENGGARA maka otomatis siswa di bawahnya pun belajar dirumah kalau tidak boleh mengatakan di liburkan.
- Di Kecamatan A ada even seleksi siswa telada, umpamanya maka meskipun yang mengikuti lomba hanya satu dua anak, karena yang mengantarkan adalah guru di sekolah tersebut maka mau tidak mau siswanya hanya diberi pekerjaan rumah alias diliburkan.
- dan masih banyak contoh kecil lainyya yang sanngat sangat menyita waktu yang semestinya adalah hak anakj untuk menuntut ilmu.
Pertanyaannya adalah Kepada siapa anak-anak mesti menuntut jika waktu yang menjadi hak untuk mendapat pendidikan ( belajar ) sudah disita oleh adanya kegiatan diluar Kalender Pendidikan yang bersifat Fleksibel dan Kondisional itu?
Selanjutnya jangan bertanya lagi mengapa secara akademis nilai pendidikan anak-anak kita menurun/merosot ?
BERSAMBUNG.

Download Silabus RPP SD KElas IV

Download Silabus RPP SD KElas IV
Silahkan pilih di sini, sesuaikan dengan format serta kondisi daerah masing-masing.

SILABUS SD KELAS 4
1. Pendidikan Agama Islam
2. Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Matematika 4a
6. Matematika 4b
7. IPS 4a
8. IPS 4b
9. IPA 4a
10. http://syadiashare.com/goto/http://www.ziddu.com/download/3517211/IPA4b.zip.html

Download Silabus RPP SD Kelas I Gratis

Cara membuat Silabus dan RPP Kelas I dengan menggunakan Pendidikan berkarakter dapat anda download di sini. Silahkan pilih dan sesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing



Pendidikan Agama Islam
Matematika 1a
Matematika 1b
Kewarganegaraan
IPA
IPS 1a
IPS 1b
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Tematik

Penanaman Nilai (Karakter) Dalam Kegiatan Pembelajaran.

Referensi: 2010. Sosialisasi Kurikulum Berkarakter. Surakarta: LPMP

Pendidikan karakter merupakan hal yang baru sekarang ini meskipun bukan sesuatu yang baru. Penanaman nilai-nilai sebagai sebuah karakteristik seseorang sudah berlangsung sejak dahulu kala. Akan tetapi, seiring dengan perubahan jaman, agaknya menuntut adanya penenaman kembali nilai-nilai tersebut ke dalam sebuah wadah kegiatan pendidikan di setiap pengajaran.

Penanaman nilai-nilai tersebut dimasukkan (embeded) ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dengan maksud agar dapat tercapai sebuah karakter yang selama ini semakin memudar.

Setiap mata palajaran mempunyai nilai-nilai tersendiri yang akan ditanamkan dalam diri anak didik. Hal ini disebabkan oleh adanya keutamaan fokus dari tiap mapel yang tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Distribusi penanaman nilai-nilai utama dalam tiap mata pelajaran dapat dilihat sebagai berikut:

Pendidikan Agama: Nilai utama yang ditanamkan antara lain: religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
Pendidikan Kewargaan Negara: Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, mengahrgai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain.
Bahasa Indonesia: Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, bertanggung jawab, ingin tahu, santun, nasionalis.
Ilmu Pengetahuan Sosial: Nasionalis, menghargai keberagaman, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, peduli sosial dan lingkungan, berjiwa wirausaha, jujur, kerja keras.
Ilmu Pengetahuan Alam: Ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, cinta ilmu
Bahasa Inggris: Menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerja sama, patuh pada aturan sosial
Seni Budaya: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis
Penjasorkes: Bergaya hidup sehat, kerja keras, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, mengahrgai karya dan prestasi orang lain
TIK/Ketrampilan: Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai karya orang lain.
Muatan Lokal: Menghargai kebersamaan, menghargai karya orang lain, nasional, peduli.

Bagaimana kesemuanya diaplikasikan? Setiap nilai utama tersebut dapat dimasukkan ke dalam pembelajaran mulai dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, sampai dengan konfirmasi.

Bagian pertama adalah Eksplorasi, antara lain dengan cara:

Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama)
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)
Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)
Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kerja keras)

Bagian kedua adalah Elaborasi, nilai-nilai yang dapat ditanamkan antara lain:

Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)
Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)
Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)
Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)

Dan bagian ketiga adalah konfirmasi, nilai-nilainya antara lain:

Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, logis, kritis)
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)
Memfasilitasi peserta didik untuk lebih jauh/dalam/luas memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap, antara lain dengan guru:

Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, santun);
membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli);
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi (contoh nilai yang ditanamkan: kritis)
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu); dan
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).

Penanaman nilai inilah yang nantinya diharapkan akan menjadikan peserta didik menjadi lebih berkarakter.

Bulan Penuh Berkah

Boleh jadi bulan April 2011 ini akan menjadi bulan penuh rejeki bagi guru guru utamanya kita guru sd, pasalnya ada tiga event penting yang berkaitan dengan rejeki yakni Rapel Gaji 4 Bulan, Rapel Beras serta Tunjangan Penghasilan atau Kesra.
Menurut informan yang belum dapat dipercaya menyatakan bahwa "Barokah tersebut Insya Allah dapat kita nikmati pada bulan ini".(april. red)

Jika benar berita itu maka, bulan ini Insya Allah kita dapat bernafas lega, bagi yang sisa gajinya cupen. Bisa tersenyum bagi kita yang gajinya utuh, dan sedikit gembira bagi kita yang gajinya doble dengan suami/istri.

Tidak ada pasl yang melarang kita gembira, kita bahagia, kita bernafas lega namun jangan lupakan yang satu bahwa
" Diantara harta-hartamu(rizki) sebagian adalah milik yatim piatu"
Dengan kita bersyukur semacam itu niscaya Allah akan menambah rizki dan kebahagiaan bagi kita.
" Niscaya akn AKU tambah nikmatmu bagi orang-orang yang bersyukur"

Namun dibalik itu kadang kita heran dan masygul kepada ulah diantara kita sendiri yang KURANG SENANG menyaksikan teman sejawatnya tersenyum, bernafas lega ataupun bergembira, tengok saja ada yang masih akal-akalan untu sedikit turut menikmati dengan berbagai cara, ada yang untuk inilah, itulah(SENSOR)
Ingat "Memang susah membuat orang senang, tapi jangan senang membuat orang susah"
So kita hanya berharap... semoga mulai sekarang kisah ITU INI atau SUKA TIDAK SUKA HARUS RELA tidak ada lagi. Mau tahu caranya... BRANI PRAPA HAYO..
Huauahahahahaaaaaaaaa.
Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal
SekolahFOREX.Net

Entri Populer

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info